-------------------------------------------------

-------------------------------------------------
Home » » cara kerja otak kita

cara kerja otak kita


Otak adalah pengendali tubuh. Tanpa otak maka kita mati karena otak lah yang mengkoordinasi semua pesan yang diteruskan lewat sistem saraf, memberikan kemampuan pada kita untuk belajar, membuat pertimbangan, dan merasa. Otak juga mengendalikan fungsi otomatis tubuh seperti bernafas, denyut jantung, pencernaan, pertumbuhan, dan tekanan darah.

Otak dibagi menjadi tiga bagian utama masing-masing dengan fungsi berbeda. Bagian besar di sebelah atas adalah serebrum atau otak besar, tempat sebagian besar pemikiran, pertimbangan, dan memori kita dikendalikan. Sereblum atau otak kecil adalah bagian yang lebih kecil di bagian belakang, tempat gerakan yang akurat dan koordinasi dikendalikan. Batang otak adalah bagian kecil di dasar otak tempat fungsi otomatis dan dikendalikan. Lalu bagaimana memori manusia bekerja?

Memori adalah kemampuan untuk menyimpan hal-hal yang kita alami dan pelajari, siap untuk digunakan di masa depan. Beberapa hal diingat dengan mudah, seperti peristiwa dramatis dalam kehidupan kita. Akan tetapi, hal-hal yang lebih biasa perlu diulang-ulang dalam pikiran selama beberapa kali sebelum "melekat erat".
0
0
0
Terdapat tiga cara berbeda menyimpan memori. Memori sensori, yang amat singkat, mengatakan kepada kita apa yang terjadi di seputar kita dan membuat kita dapat bergerak tanpa menabrak apapun. Memori jangka pendek, yang hanya bertahan sekitar 30 detik, dan membuat kita dapat mengingat nomor telepon dan menekan nomornya, tetapi setelah sekitar satu menit memori ini akan hilang. Akhirnya, memori jangka panjang, untuk hal-hal yang kita ingat-ingat dan pelajari dengan seksama.